Anak yang ada di tv itu..

Kemarin sore, 23 Juli 2010, aku menonton tv. Aku terus mencari tayangan yang bagus hingga ada sebuah berita yang menarik perhatianku. Ini berita seputar anak dan pendidikan.

Di dalam berita itu, diceritakan tentang seorang anak perempuan yang duduk di kelas III Sekolah Dasar (SD). Sejak kelas I, ia selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. Sungguh anak yang pintar.

Sesuatu yang membuatku kagum pada anak itu adalah ia sanggup meraih prestasi yang tinggi dalam keadaan “tidak punya tempat tinggal yang layak”. Ayahnyalah yang membesarkan dia dan adiknya. Tentang ibunya,aku tidak begitu tau. Rasanya tidak diungkit di dalam berita itu. Ayahnya yang hanya bekerja sebagai pemulung kerap kali depresi menghadapi kenyataan yang dirasa pahit olehnya. Bagaimana tidak,sang ayah tidak bisa memberikan tempat tinggal yang layak untuk kedua anaknya. Ia hanya sanggup membuat rumah kecil di pinggiran rel kereta api yang disusun dari barang-barang bekas.

“Yang penting ada tempat buat anak-anak tidur kalo malem,” ujar sang ayah penuh pasrah.

Kegiatan anak pintar itu terbilang padat tiap harinya. Setelah pulang sekolah,ia bergegas untuk membantu ayahnya memulung sampah dan mengamen di jalanan. Malamnya, ia pun belajar kembali sambil ditemani oleh lampu penerang yang baru ada dua bulan terakhir ini. Sebelum ada lampu penerang, ia selalu menggunakan lilin. Subhanallah..betapa hebat dan kuatnya anak ini.. :’)

Semua keadaan yang memprihatinkan ini sama sekali tidak menjadi alasan untuk anak itu tidak belajar. Buktinya, sejak masuk sekolah, peringkat satu selalu diraihnya. Ia ingin mengubah nasib keluarganya suatu saat nanti.

Hatiku sangat sedih melihat keadaan anak pintar itu, tapi juga sekaligus bangga dengan perjuangannya.

Rasanya ingin sekali aku bertemu dengan anak itu.. Ingin berbagi dengannya.. Ingin membuatnya tertawa dan ceria.. :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s