Question and Answer : Cara Belajar Bahasa Inggris

Print
Sumber Gambar

English is an international language spoken by almost million of people all over the world.

Dulu, saya bertanya-tanya, mengapa bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional? Mengapa tidak bahasa Indonesia saja? Atau mungkin bahasa Sunda? Jawaban yang saya dapatkan, katanya bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena pada zaman dulu bangsa Inggris menjajah banyak tempat di bumi, sehingga bahasanya pun tersebar di tempat-tempat tersebut. Benar atau tidak, entahlah. Kalau teman-teman tau alasan yang lebih pas, share di sini, ya!πŸ™‚

Teman-teman bisa lihat di bagian atas blog ini, tepatnya di bagian page list. Di sana ada about me yang saya ganti judulnya menjadi “Tentang Dini”. Saya memperkenalkan diri dengan menggunakan bahasa Inggris. Bukan karena saya pintar berbahasa Inggris. Sampai sekarang pun saya masih terus belajar. Tujuannya sih agar pembaca Dini’s Diary dari luar Indonesia pun bisa kenal dengan penulisnya.πŸ™‚

Seorang pembaca yang bernama Rani (bukan nama asli) mengunjungi blog saya dan berkata :

Ajari bahasa inggris mbak, tips and triknya,,,,

Sepertinya saya bukan orang yang tepat untuk dimintai tips dan trik belajar bahasa Inggris, karena saya bukan ahlinya. Bidang saya Matematika, jauh dengan Bahasa Inggris. Tetapi dengan hati-hati, saya mencoba memberikan apa yang ia minta. Begini penjelasan saya untuk Rani :

Waah,, saya juga masih belajar, ko. Hehe..
Tapi, kalau untuk tips and trick sih mungkin saya bisa berbagi sedikit. :)
Bersadarkan pengalaman, saya belajar bahasa Inggris dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengikuti les bahasa Inggris (waktu SD)

2. Mengikuti pelajaran bahasa Inggris di sekolah dan perguruan tinggi.

3. Mencari arti dari lagu yang liriknya berbahasa Inggris.
4. Menonton film berbahasa Inggris yang subtitle-nya bahasa Indonesia atau film berbahasa asing lain yang subtitle-nya bahasa Inggris.

5. Berbicara/mengobrol dengan native speaker, baik face to face maupun melalui dunia maya.

6. So’-so’-an berbahasa Inggris dengan teman ketika mengobrol (hehe..)πŸ˜€

7. Menulis sesuatu dalam bahasa Inggris.

Maaf, ini cuma berdasarkan pengalaman pribadi. Setiap orang punya caranya sendiri-sendiri. Tapi, kalau dari beberapa tips and trick yang telah disebutkan tadi ada yang menarik, silakan dicoba. :)
Ayo, kita belajar sama-sama.
Good luck, ya! :D

Demikian jawaban saya untuk Rani. Semoga bermanfaat, terutama bagi pembaca yang juga sedang belajar bahasa Inggris seperti saya dan Rani. Sampai bertemu di edisi Question and Answer berikutnya, ya!πŸ™‚

2 thoughts on “Question and Answer : Cara Belajar Bahasa Inggris

Leave a Reply

