Question and Answer : Cara Meminum Obat Berbentuk Tablet

tablet
Sumber Gambar

Di tahun 2011, saya pernah membuat tulisan yang berjudul SAYA DAN OBAT. Di dalam tulisan tersebut, saya bercerita seperti apa ketakutan saya terhadap obat berbentuk tablet. Ternyata, banyak juga ya orang yang tidak bisa meminum obat tablet. Saya pikir hanya saya saja yang sempat mengalami kesulitan, sampai suatu saat ada pembaca yang bertanya pada saya. Sebut saja namanya Fera (bukan nama asli). Inilah teks original dari Fera:

saya juga ga berani untuk minum obat, padahal usia saya sekarang sudah 21 tahun. setiap menelan obat saya sering sekali mengeluarkannya lagi, sulit sekali untuk menelannya, seperti mau muntah. benar dengan yg mba dini bilang, kalau saya merasa lemah dengan diri saya sendiri seiap kali ingin menelan obat. mau pakai cara apapun sepertinya saya memang tidak bisa untuk menelannya, mba dini saya minta tips dong supaya saya jadi bisa untuk menelan obat kapsul ataupun tablet :( , saya merasa sudah sangat putus asa setiap kali ingin menelannya.

Mirip. Apa yang Fera alami mirip sekali dengan apa yang saya alami. Sekarang saya memang sedikit demi sedikit sudah mulai bisa mengatasi ketakutan saya. Akhirnya, saya pun memberikan tips padanya sesuai dengan pengalaman saya. Begini jawaban saya untuk Fera:

Waah.. Ternyata saya ngga sendirian, ya. :)
Saya ga bisa ngasih tips atau saran.
Tapi saya bisa berbagi cara berdasarkan pengalaman saya.
Kalau saya sih begini:

1. Saya berusaha untuk menceriakan hati. Jangan sampai saya minum obat dalam keadaan sedih atau tertekan.

2. Saya suka musik. Jadi, saya suka minum obat sambil menonton video-video musik kesukaan saya. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian agar tidak terlalu fokus pada obat yang akan diminum.

3. Saya tidak suka menggunakan gelas, tetapi saya suka menggunakan botol plastik untuk minum. Yang saya rasakan, dengan botol plastik, dorongan air yang masuk ke dalam mulut lebih kuat jika dibandingkan dengan gelas. Kalau pakai gelas, sering kali banyak air yang tumpah karena panik. Hahahaaa.. Parah.πŸ˜€

4. Cara seperti ini saya jauhi : meletakkan obat terlebih dahulu di atas lidah, lalu dorong dengan air. Cara ini kerap kali membuat saya gagal menelannya. Sang obat malah berlari-lari di dalam mulut, dia enggak mau masuk ke tenggorokan. Selain itu, rasa obat juga terasa. Dan jelas, itu pasti membuat saya panik.

5. Cara ini yang saya lakukan : (a) Berdoa; (b) Masukkan sedikit air ke dalam mulut, jangan dulu ditelan; (c) Sugestikan bahwa obat ini kecil dan lucu. Dia juga manis seperti permen; (d) Masukkan obat ke dalam mulut hingga dia bergabung bersama sedikit air yang sudah ada di dalam mulut; (e) Tambahkan air dengan minum air dari botol layaknya kita minum. Jadi, sedikit air dan obat tadi ditelan bersamaan dengan tambahan air yang kita minum layaknya minum seperti biasa.

Haduh.. Gimana, Fera? Kebayang, nggak? Tapi, percaya ga percaya, cara di atas sanggup mengatasi masalah saya dalam minum obat. Setiap kali minum obat, setiap kali itu pula saya belajar. Kalau sudah lama tidak minum obat, ketika bertemu dengan obat lagi, saya nggak pernah lepas dari menangis, baik itu menangis karena takut tidak berhasil menelannya maupun menangis karena telah berhasil menelannya. Hahahahaa.. Kalau dipikir-pikir, sangat kekanak-kanakan, ya. Tapi itulah saya. Dan saya masih terus belajar untuk mengendalikannya, mengingat usia saya sudah bukan usia kanak-kanak lagi. :)

Kasih kabar kalau sudah berhasil, ya!! SEMANGAT!! ^^

Demikian jawaban saya untuk Fera. Semoga bermanfaat, terutama bagi pembaca yang mengalami hal serupa. Sampai bertemu di edisi Question and Answer berikutnya, ya!πŸ™‚

34 thoughts on “Question and Answer : Cara Meminum Obat Berbentuk Tablet

  1. waktu kecil dulu, karena belum bisa minum obat tablet akhirnya si tablet itu dikunyah aja. Pahit sih, tapi yang penting bisa diminum

  2. Seandainya obat tablet punya facebook… eh?πŸ˜€

    Tips lain sih, makan obatnya sambil makan makanan lain. Misal,, dicampur sama roti. Atau makanan lainnya yang cocok lah. Campur nasi padang atau pizza juga bolehπŸ˜„
    *lebay itu mah

    • Hahaha.. Tapi ada beberapa obat yang ga boleh diminum sambil makan apapun. Bahkan kan minum obat juga ga boleh pake air anget, air teh, susu, dll. Pokonya harus pake air mineral aja. Begitu..

  3. Hai .. Saya juga sampai sekarang blm bisa menelan tablet dan kapsul..
    Sering kali saya stress kalo sudah hrus menelan nya😦
    Tpi saya sngat ingin skali bisa …
    Saya sll bngung kalo mlihat org gampang skali menelan pil .. Ingin skali bisa ..

    • BISA!! PASTI BISA!! ^^

      Sudah coba cara yang sarankan di atas? Ayo, dicoba! Atau ada bagian yg tidak dipahami?

      Dulu juga saya nggak bisa. setelah menemukan cara, akhirnya saya bisa.πŸ™‚

      • Sudah saya coba .. Baru saja saya coba ..
        Tpi blm bisa …😦
        Saaya bisa kalo tablet kecil …
        Klo kapsul dan tablet besar saya ga bisa😦
        Tapi saya ingin skali bisa

      • Kalau masih belajar, sebaiknya tablet besarnya dibagi dua dulu, lalu diminum satu per satu seperti meminum dua tablet kecil. Nanti kalau sudah biasa, satu tablet langsung juga bisa.

        Nah, untuk kapsul, kalau memang belum berani menelannya, buka saja kapsulnya. Tapi, resikonya, obat akan terasa pahit. Hey, dengan cara saya minum obat, justru kapsul akan lebih mudah ditelan, loh. karena dia ringan.

        You can do it, sist! ^^

  4. itu yg aku alami sekarang, hampir 19 th ini aku baru kali ini sakit yg gak bisa sembuh hny dgn istirahat,dr dulu kalo sakit tinggal istirahat trus sembuh, jd gak ada pengalaman nelan obat,. Trus kmaren periksa ke dokter, kena infeksi. Di kasih obat gedhe2.. Dr 3 obat yg ada, maksimal hny bisa nelan 1-2, frustasi rasanya, dimakan dgn pisang, pisangnya habis duluan obatnya gak ktelen, sama air juga sama,. Sering di ejek ponakan2 gitu krn gak bisa minum obat,. Sedang mreka dgn gampang minumnya,..juga Tiap mau minum pasti ditungguin Ayah khawatir aku buang obatnya.. Wkwkwkwk

    • Terus berusaha dan berdoa ya, Dei!
      Masih mending kamu bisa menelan 1-2 obat, daripada tidak sama sekali.
      Ayo, dong.. Obat yang ketiganya juga diminum. kalau terlalu besar, dibagi dua aja.
      Get well soon, ya!πŸ™‚

  5. Hai ! ^^ sama halnya dengan saya😦 sampai sekarang saya tidak bisa karna panik, ntah tau kenapa setiap saya mau paksa eh malah obatnya gak ketelan juga -,- sampai frustasi saya., padahal saya sudah kls X SMK :p tapi tetep aja ga bisa²😦
    akan saya coba tips mba di atas, semoga bisa lancar nih obat, dan saya juga doakan mba bisa lancar seperti orangΒ² lainnya,.. hihihi :p

  6. senasib…ini saya barusan gagal minum obat trus obatnya saya buang trus saya nangisss…nangis karena gagal dan nangis karena obatnya mahal T_T hiks…masi nangis ni sekarang T_________T

    • Fara sakit apa? Semoga lekas sembuh, yaa..

      Kunci ketika akan minum obat adalah tenang. Coba cari kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian kita dari obat yang akan kita minum untuk sementara. Atau coba lakukan langkah demi langkah yang sudah berhasil saya coba.

      Semangat, ya! Good luck and get well soon, Fara! ^^

  7. wahh, ternyata bukan saya saja yah.. hehehe
    saya juga ga bisa menelan obat nih, sangat susah sekali.
    sy pernah trauma karena obat yang saya minum pernah nyangkut di kerongkongan, jadi dari situ saya tidak pernah mau lagi untuk menelan obat

    • Hihihiii.. setiap ada yang komentar di sini juga saya berpikiran yang sama: ternyata bukan cuma saya yang mengalami kesulitan menelan obat. ^^
      Terima kasih atas kunjungannya, ya.πŸ™‚

  8. Aku ga bs mnm tablet/kapsul pdhl udh kls 7.. Stiap mo minum ada aja rasanya deg2an smpe ayahku kesel gr2 aku klamaan.😦

    • Nggak apa-apa, asalkan deandra terus mau berusaha. Dulu juga kakak nggak bisa, ko. Tapi, setelah pake cara di atas, kakak sedikit-sedikit bisa, loh. Cobain, deh, deandra pake cara kakak. Mudah-mudahan bisa membantu. Semangat, ya!
      Oiya, semoga deandra cepat sembuh.πŸ™‚

  9. gw 18 tahun.. dan masih gak bisa nelen obat😦
    klo obat kayak kapsul gitu walopun gede juga bisa nelen..
    tapi klo tablet (ada rasa pahit).. langsung gak bisa nelen..
    gw pernah bisa nelen..
    tapi pada hari kemaren gw gagal dan memuntahkannya.. akhirnya gw gerus trus gw kasih madu T_T .. trus gw trauma.. nyali gw turun buat nelen obat..
    dan rasanya 1 menit terburuk dlm hidup gw untuk minum obat trus terulang ulang..
    ampe sekarang.. gw masih sakit tipes.. dan gw masih tersiksa karena harus gerus obat trus dimakan (jadi tambah pahit)
    gw merindukan masa2 gw bisa nelen obat tablet😦

    • Jujur, kalo tablet, apalagi yg mudah larut dalam air, saya juga suka panik kalo rasa pahitnya terasa.😦

      Tapi, jenis obat apapun itu, saya selalu pake cara yang saya jelaskan di artikel ini. Saya memang takut minum obat, tapi saya lebih takut lagi kalo penyakit saya ga sembuh. Coba, kalo sakit terus, otomatis obatnya juga harus diminum terus, atau mungkin jenis obatnya bertambah.

      Karena obat harus tetap diminum, maka menurut saya, ada dua pilihan untuk korano.

      Pertama, silakan coba cara saya dalam minum obat. Nanti kita lihat hasilnya. Kalau dirasa berhasil, ya teruskan. Kalo gagal, coba lagi. Atau cari jalan lain.

      Kedua, korano tetap lakukan cara yg sudah dilakukan, yaitu menghancurkan tablet. Pahit juga ga apa-apa (kan mau bagaimana lagi..). Setelah minum obat, kalau diperbolehkan dokter, makan yg manis-manis aja biar rasa pahitnya hilang sedikit-sedikit.

      Masing-masing pilihan ada resikonya. Pilih aja yg resikonya paling kecil menurut kamu. Hal yang harus kamu tekankan dalam hati dan pikiranmu adalah KAMU HARUS SEMBUH. Mudah-mudahan semangat itu bisa membuatmu lebih berani menghadapi obat.

      Semangat, ya!!
      Jangan ngerasa sendiri. Saya juga pernah mengalami hal yg sama, bahkan sampai tahap takut yg berlebihan. Bedanya, saya sudah melewati itu, sedangkan kamu sedang melewatinya.

      Get well soon, Korana! ^^
      Good luck! ^^

  10. aku juga nih gak bisa nelan obat,dari kecil sampe umur aku 19 tahun skrg.
    setiap minum obat aku pasti gigit sepahit apapun obatnya,biasanya sampe muntah,mual.
    aku pun jadi hapal setiap rasa obat yang pahitnya gimana,kadang ada jenis obat yang aku nggak bisa toleran rasa pahitnya,rasanya mau nyerah aja.padahal obatnya kecil tapi pahit bnget krna ada cairan di dalamnya dan itu bikin refleks mau muntah setiap makan obat itu tapi aku mau nggak mau harus makan obatnya. obat ini obat anti nyeri gitu,karena aku kecelakaan jadi aku cedera parah,dan mau nggak mau harus makan obat.
    jadi aku mau memberanikan diri aku makan obat dgn ditelan tapi nggak bisa2 udah pake metode kayak gimanapun seperti diatas tetap gagal. mulai pake pisang yg ujung2nya obatnya masih tinggal di lidah,pake botol,dll. aku udah gak tau harus gimana lagi,sedangkan sakit aku makin menjadi😦

    • Haloooo..πŸ™‚

      Kunci dari kelancaran segalanya adalah tenang. Itu nasehat yang sering saya dapatkan dari orang lain. Obat itu kecil. Tenggorokan kita besar. Jadi, apa yang harus ditakutkan? (Itu juga kata mereka). Saya nggak bisa menyemangati kamu dengan kerasnya, karena saya pun kalo harus minum obat, masih suka panik. Belakangan ini saya jarang minum obat. Kalau ada keluhan sakit, saya minum suplemen dari bio alpha. Hmm.. tapi saya punya saran, sebelum minum obat, tenangkan diri dulu aja di kamar. Ingat, agar obat bisa masuk ke perut kita, maka tubuh kita harus mau menerima dulu. Kalo tubuh kita dari awal menolak obat, maka obat yg kita minum akan sulit masuk dan bisa jadi nggak berpengaruh apa2 pada tubuh kita.

      Belajar mensugesti diri sendiri.
      Katakan pada diri sendiri, sambil pegang obatnya, “Hey, kamu tu kecil banget di mata saya. Saya ga akan kalah dari kamu. Kamu itu enak. Kamu cuma permen. Dan saya sangat suka permen. Sekarang, kamu akan saya makan.”

      Seperti kekanak-kanakan, ya? Tapi kalau dilakukan sepenuh hati, ada pengaruhnya, loh. Coba aja.πŸ™‚

      Get well soon, my little friend.πŸ™‚

    • Oh, iya. Ada juga alternatif lain. Coba jangan digigit obatnya.. dihancurkan aja terlebih dahulu, trus dilarutkan dengan air (di atas sendok makan). Lalu diminum seperti ibat cair. Pahitnya ga akan lama. Kalau digigit, bisa jadi ada obat yg masih nyangkut di gigi dan bikin mual.

      Tapi dari semua cara yg ada, kalau ditelan langsung itu lebih menyenangkan. Tidak ada rasa pahit yang harus kita rasakan.πŸ™‚

      Semangat! ^^

      • Jujur aq jg nggk bisa minum pil kak, pdhal udah mau umur 18 gini blm bisa minum barang gituan, tapi alhamdulillah,,, ibuku kasih saran ni klu mau minum obat coba ja pakek mie instan, dan alhamdulillah kok ya bs tu..😁 nggk kerasa ky minum obat gt,, tp masalahnya cm 1 kak, klu mau minum obat hrs bt mie instan dl….payah deh

    • Haaaaah? Digigit??? Ya iyalah pasti muaaaallll… kebayang ih!! Jangan digigit, dong.. dihancurkan dulu aja sebelum masuk mulut sampai halus, lalu campur dengan air. Nanti jadi mirip obat sirup.

      Ini komennya udah lama banget.. maaf ya baru dibales sekarang.. gimana kabarmu sekarang, dik? semoga sekarang udah ga sakit lagi, ya.πŸ™‚

  11. Saya pun sampai sekarang, blm bisa menelan obat..kalau obatnya kecil masih bisa ditelan, tapi kalau kapsul..susahnya bukan main, padahal kata orang justru kapsul lebih gampang ditelan, ternyata ga semudah itu.. dan sekarang karena kondisi saya yang sedang hamil, jadi diharuskan minum vitamin yang bentuknya kapsul, ukuran obatnya pun segede gajah hehehe.. sampe streess sendiri, ga bs nelen obat.. untungnya ada juga yg bernasib sama dengan saya.. hehe..

    • Waaaaaah… si kapsul mah emang sukanya mondar-mandir mengambang di atas air di dalam mulut kita.. bikin kita sadar total kalo di dalem mulut lagi ada obat. Dan yang bikin panik lagi kalo kapsulnya kebukaaaa.. (tidaaaak!!) :O

      Senangnya yang lagi hamil,, selamat, yaa.. mudah-mudahan kehamilannya lancar sampe dede bayinya lahir.πŸ™‚

      Kalo adik saya, setiap mau minum kapsul, pasti kapsulnya dibuka. Trus dicampur dengan air sekaligus dengan cangkang kapsulnya di atas sendok. Abis itu teguk deh. Kalo tahan sama pahitnya sih ga masalah. Mungkin itu bisa jadi salah satu solusi.

      Kalo saya pribadi, baik tablet maupun kapsul, cara minumnya sama seperti yang saya share di tulisan saya. Alhamdulillah, jadi kerasa lebih mudah. Boleh juga diikuti kalo mau coba.

      Semangat!!! ^^

Leave a Reply

